Free Range Parenting

FREE-RANGE PARENTING: CIRI, KELEBIHAN, DAN KEKURANGANNYA

Hello Momspapsday! Free Range Parenting adalah salah satu pola asuh yang dapat Momspapsday lakukan untuk mengasuh Si Kecil. Sebelum Momspapsday memilih pola asuh ini, Atika akan menjelaskan terlebih dahulu apakah pola asuh ini cocok untuk Momspapsday atau tidak. Pada artikel kali ini, Atika akan membagikan Momspapsday informasi untuk mengenal Free-range parenting ya! Yuk, Simak artikel ini sampai habis!

Secara garis besar free-range parenting adalah pola asuh yang mengedepankan rasa kebebasan kepada Si Kecil dengan memberikan ruang ekspresi. Walaupun memberikan kebebasan kepada Si Kecil, pola asuh ini tetap memberikan kewenangan orang tua untuk mengawasi Si Kecil. Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan pola asuh ini, Atika akan menjelaskan terlebih dahulu tentang ciri-ciri pola asuh ini ya!

Ciri-ciri Free Range Parenting

Walaupun pola asuh ini membiarkan Si Kecil mengeksplor dunianya sendiri, Momspapsday tetap berperan untuk mengawasinya lho! Berikut adalah ciri-ciri pola asuh free range parenting:

  • Orang tua mengizinkan Si Kecil melakukan banyak kegiatan yang tidak terjadwal.

Ciri-ciri pertama ketika Momspapsday menggunakan pola asuh ini adalah membiarkan mereka menentukan aktifitasnya sendiri. Hal ini berguna untuk membuat Si Kecil merasa nyaman dan bisa memenuhi keinginannya sendiri. Aktifitas ini bisa berupa kegiatan yang terjadi secara spontan seperti misalnya kegiatan bermain bersama teman-teman sekolahnya.

  • Orang tua membiarkan Si Kecil mengekspore dunia luar.

Pola asuh ini biasanya membuat Momspapsday memberikan anak hak untuk bermain diluar tanpa membatasinya dengan apapun. Hal ini berguna untuk membuat sang buah hati mengetahui dunia luar lebih dalam lagi. Tidak hanya itu, Si Kecil juga akan terhindar dari ketergantungan bermain gadget dirumah. Pola asuh ini membuat Si Kecil bisa bebas untuk memilih menjelajahi dunianya sendiri.

  • Momspapsday mempercayakan semuanya kepada Si Kecil.

Pada umumnya, orang tua yang memilih pola asuh ini tidak mempunyai ketakutan pada apapun yang akan Si Kecil lakukan. Momspapsday cenderung mempercayakan semua keputusan pada sang buah hati. Pola asuh ini juga dapat membuat sang buah hati lebih senang dengan kalian karena Si Kecil merasa nyaman dengan semua rasa kepercayaan kalian kepada mereka.

Kelebihan

Pola asuh ini memiliki beberapa nilai positif untuk perkembangan Si Kecil. Seperti membuat sang buah hati lebih aktif, sehingga mereka memiliki daya kreatifitas dan inovatif yang tinggi. Pola asuh ini juga dapat membuat Si Kecil memiliki rasa kepercayaan diri serta memiliki keterampilan social untuk melakukan sesuatu hal yang baru. Karena anak yang diasuh dengan pola asuh ini sudah terbiasa mengeksplor dunia luar secara mandiri.

Kekurangan

Walaupun pola asuh ini dapat meningkatkan kemampuan Si Kecil secara mandiri, free-range parenting ini memiliki kelemahan juga. Seperti misalnya meningkatnya risiko anak mudah dipengaruhi orang lain di sekitarnya. Hal ini dapat mengakibatkan Si Kecil terjatuh ke dalam pergaulan yang salah dan negatif. Karena itu Momspapsday juga perlu untuk mengawasi kehidupan sang buah hati.

Nah itu dia informasi mengenai pola asuh free range parenting ya Momspapsday! Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk mengasuh Si Kecil dengan pola asuh ini? Berikan pendapat Momspapsday pada kolom komentar ya! Bagi kalian yang ingin melihat artikel edukatif seputar parenting lainnya, pastikan Momspapsday bergabung dengan Komunitas Parentoday untuk mendapatkan informasi terbarunya ya.

Biar anak suka olahraga

ANAK SUKA MAGER? BERIKUT CARA BIAR ANAK SUKA OLAHRAGA!

Hello Momsday! Olahraga menjadi salah satu aktifitas penting yang sangat bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Walaupun begitu, terkadang ada beberapa anak yang suk mager (malas bergerak). Pada artikel kali ini, Atika akan membagikan Momsday informasi mengenai cara beserta tips biar anak suka olahraga ya! Pastikan kalian menyimak artikel ini sampai habis ya!

Olahraga menjadi salah satu faktor yang sangat bermanfaat untuk kesehatan Si Kecil. Untuk membuat anak suka olahraga, kalian tidak perlu memaksa Si Kecil ya Moms. Kalian dapat melakukan beberapa tips supaya sang buah hati dapat mengikuti kemauan kalian untuk berolahraga. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Momsday lakukan biar anak suka olahraga ya! Yuk, Simak!

Cara supaya anak berolahraga

Mengajak Si Kecil berolahraga tidak semudah kalian mengajaknya pergi untuk bermain. Untuk itu kalian harus mengajak mereka dengan cara yang menyenangkan dan tidak membuat sang buah hati merasa tertekan ya. Berikut adalah 5 tips yang bisa Momsday lakukan untuk mengajak sang buah hati berolahraga dengan cara yang menyenangkan.

1. Berikan penjelasan kepada anak manfaat olahraga

Hal pertama yang dapat Momsday lakukan untuk menginspirasi Si Kecil untuk berolahraga adalah dengan menjelaskan manfaat olahraga kepadanya. Karena penting sekali bagi anak untuk mengetahui alasan kenapa mereka wajib untuk mengikuti olahraga. Berdasarkan Informasi dari Kids Health, terdapat beberapa manfaat olahraga untuk Si Kecil, seperti misalnya otot tulang lebih kuat, mengurangi risiko obesitas, dan lainnya.

2. Ajak anak untuk menjalankan olahraga yang menyenangkan

Sesudah kalian menjelaskan manfaat dan pentingnya Si Kecil berolahraga, langkah selanjutnya adalah mengajak Si Kecil olahraga sesuai dengan yang mereka inginkan. Seperti misalnya, ketika Si Kecil suka bermain dengan teman-temannya ajaklah olahraga yang bisa mereka lakukan dengan temannya seperti sepak bola, basket, dan voli. Jika Si Kecil memiliki ketertarikan dengan hewan-hewan laut, ajaklah mereka berolahraga berenang.

3. Berikan anak olahraga dengan cara yang menyenangkan

Secara garis besar,anak-anak sangat suka sekali meniru gerakan orang yang ada pad lingkungan sekitarnya. Salah satu panutan yang sering sekali Si Kecil tiru adalah orang tua. Untuk itu, penting bagi Momsday untuk mencontohkan Si Kecil cara berolahraga dengan cara yang menyenangkan. Seperti misalnya menunjukkan beberapa freestyle yang mengagumkan saat bermain basket ataupun sepak bola.

4. Batasi penggunaan Gadget

Salah satu cara yang efektif untuk memotivasi Si Kecil berolahraga adalah dengan membatasi mereka bermain dengan gadgetnya. Dengan begitu, perhatian Si Kecil dapat teralihkan dengan hal lain seperti bermain diluar ataupun berolahraga. Berikan juga penjelasan kepada Si Kecil bahwa bermain gadget dengan waktu yang lama itu tidak baik untuk kesehatan mereka.

5. Berikan anak tempat yang nyaman untuk olahraga

Selain melakukan berbagai macam cara untuk mengajak Si Kecil berolahraga, menyiapkan tempat Si Kecil untuk olahraga itu penting. Jika sang buah hati berolahraga di tempat yang nyaman dan menyenangkan, tentunya mereka akan merasa sangat menikmati olahraga tersebut. Hal ini sangat penting untuk Momsday lakukan agar Si Kecil termotivasi untuk terus melakukan olahraga secara rutin.

Nah itu dia 5 tips untuk membuat anak suka olahraga ya Moms! Kalian dapat melakukan cara-cara tersebut supaya sang buah termotivasi untuk berolahraga. Karena dengan berolahraga, sang buah hati bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik. Kira-kira kalian mau Atika bagikan artikel tentang apalagi nih Moms? Berikan saran kalian melalui kolom komentar ya!

BACA ARTIKEL INI JUGA YA MOMS! HUJAN BIKIN GAK BISA OLAHRAGA? KATA SIAPA? OLAHRAGA DARI RUMAH YUK!

Resep dimsum ayam udang

RESEP DIMSUM AYAM UDANG TEPUNG BERAS YANG PRAKTIS!

Hello Momsday! Dimsum adalah salah satu jenis dessert yang memiliki cita rasa enak dan gurih. Banyak orang yang sangat menyukai dessert satu ini. Makanan ini bisa Momsday buat sendiri, tanpa perlu repot-repot mencari di restoran ternama lho! Pada artikel kali ini, Atika akan membagikan Momsday cara membuat resep dimsum ayam udang tepung beras yang praktis ya Moms!

Selain memilik langkah-langkah yang sangat mudah, bahan-bahan yang Momsday perlukan untuk membuat resep ini juga mudah kalian temukan. Berikut adalah penjelasan mengenai informasi bahan-bahan dan cara yang harus Moms lakukan untuk membuat resep dimsum ayam udang tepung beras ya. Yuk, Simak artikel resep ini sampai habis ya Moms!

Bahan resep dimsum ayam udang tepung beras (46 pcs)

  • 400 gram paha ayam filet
  • 200 gram udang, kupas bersih.
  • ¾ sendok teh garam.
  • 1 sendok makan gula pasir.
  • 1 sendok teh kaldu jamur.
  • 2 siung bawang putih.
  • 2 sendok teh kecap ikan.
  • 2 sendok teh minyak wijen.
  • 1/8 sendok teh merica.
  • 1 butir putih telur.
  • 2 cm jahe + 1-2 sendok makan air.
  • 2 sendok makan minyak.
  • 20 gram daun bawang cung, iris.
  • 40 gram kucai, iris.
  • 30 gram wortel, potong kecil.
  • 30 gram jamur kuping, potong kecil.
  • ¼ sdt garam.
  • ½ sdt gula pasir.
  • 130 gram tepung tapioca.
  • 170 gram tepung beras.
  • 300 ml air.
  • 3 sendok makan minyak.
  • ½ sdm dok makan garam.
  • Tepung tapioca.
  • Jus bayam.

Pelengkap:

  • 1 sdt bawang putih.
  • 1 sdm cabai merah.
  • 2 sdm minyak.
  • 2 sdm daun bawang cung.
  • 2 sdt cuka hitam.
  • 2 sdt kecap asin.
  • ½ sdt kaldu jamur.
  • ½ sdt gula pasir.
  • ½ sdt minyak wijen.

Langkah-langkah membuanya

  1. Masukkan parutan bawang putih ke food processor lalu masukkan paha ayam, garam, gula pasir, kaldu jamur, dan merica, blender beberapa saat.
  2. Masukkan udang, blender sebentar lalu pindahkan ke dalam mangkuk. Tambahkan kecap ikan, kecap asin, putih telur, dan minyak wijen
  3. Parut jahe lalu tambahkan air, aduk rata.
  4. Panaskan minyak, masukkan wortel, jamur kuping, daun bawang cung, kucai, garam, dan gula pasir, kemudian tumis.
  5. Campurkan tepung beras, tepung tapioka, garam, air, dan minyak.
  6. Siapkan kukusan dan baking paper, lalu kukusan.
  7. Masukkan sebagian adonan ke dalam plastik segitiga.
  8. Balurkan ke tepung basah lalu susun ke dalam kukusan. Kukus selama 15 menit.
  9. Campurkan sisa adonan dengan tumis sayuran. Masukkan ke dalam plastik segitiga, semprotkan ke dalam tepung kering lalu gunting.
  10. Campurkan sisa adonan kulit dengan jus bayam, aduk rata. Tambahkan tepung beras dan tepung tapioka, aduk hingga konsistensi seperti awal.
  11. Untuk metode rebus, siapkan air di dalam wajan hingga sedikit mendidih lalu masukkan adonan daging, masak hingga matang
  12. Iris daun bawang cung lalu pindahkan ke dalam mangkuk tahan panas. Tambahkan bawang putih halus, cabai bubuk kasar, dan siram dengan minyak panas, aduk rata
  13. Masukkan kecap asin, cuka hitam, kaldu jamur, gula pasir dan minyak wijen, aduk rata
  14. Dimsum ayam udang tepung beras siap Moms sajikan.

Nah itu dia cara membuat resep dimsum ayam udang tepung beras yang praktis ya Moms! Sangat mudah bukan? Kalian dapat membuat resep ini untuk cemilan Si Kecil dan juga Papsday lho! Pastikan untuk membuat resep ini lalu bagikan pengalaman kalian di kolom komentar ya Moms. Bagi kalian yang ingin melihat resep unik lainnya, pastikan untuk bergabung dengan Komunitas Parentoday untuk mendapatkan informasi terbarunya ya Moms.

BACA RESEP INI JUGA YA MOMS! INGIN MEMBUAT OREO CHEESE CAKE? YUK, SIMAK ARTIKEL INI!

Pergi Honeymoon

INGIN PERGI HONEYMOON? INI 5 TIPS BIAR HONEYMOON KALIAN BERHASIL!

Hello Momspapsday! Sesudah pernikahan, terdapat suatu momen yang paling ditunggu bagi pasangan baru, yaitu momen Honeymoon atau biasa dikenal sebagai bulan madu. Momen pergi honeymoon menjadi suatu hal yang sangat penting bagi pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan. Honeymoon adalah suatu momen ketika Momsday dan Papsday membagikan waktu bersama untuk melakukan suatu hal yang menyenangkan secara bersama-sama.

Supaya momen pergi honeymoon Momspapsday menjadi menyenangkan, kalian harus benar-benar merencanakan hal ini sedetail mungkin. Pada artikel kali ini, Atika akan membagikan 5 tips buat Momspapsday agar Honeymoon kalian berhasil ya. Pastikan kalian menyimak artikel ini sampai habis ya Momspapsday! Berikut adalah 5 tips yang harus kalian perhatikan ketika ingin pergi honeymoon.

Persiapkan budget untuk Honeymoon

Hal pertama yang harus Momsday dan Papsday perhatikan pertama kali ketika ingin melakukan momen penting ini adalah perencanaan budget. Hal ini menjadi sangat penting untuk Momspapsday lakukan supaya kalian bisa menentukan pertimbangan-pertimbangan lainnya, seperti penginapan, tempat yang ingin kalian tuju, dan lainnya. Maka itu, pastikan melakukan budgeting secara detail sebelum pergi ke honeymoon.

Rencanakan tempat tujuan bersama

Sesudah melakukan perencanaan budget, hal yang harus Momspapsday lakukan adalah melakukan perencanaan tempat tujuan supaya momen liburan kalian lancar dan menyenangkan. Momspapsday bisa mulai melakukan survey untuk menentukan destinasi tempat tujuan kalian. Sesuaikanlah pilihan tempat tujuan kalian dengan budget yang telah Momspapsday siapkan dan rencanakan sebelumnya.

Persiapkan barang bawaan Momspapsday

Ketika Momsday dan juga Papsday sudah menentukan budget dan tempat yang ingin kalian tuju, selanjutnya adalah melakukan persiapan untuk pergi. Pastikan Momspapsday mempersiapkan barang-barang yang kalian perlukan untuk pergi. Seperti misalnya obat-obatan, paspor jika keluar negeri, pakaian, dan lainnya. Pastikan untuk menyiapkan dari jauh-jauh hari supaya kalian tidak tergesa-gesa ya.

Buatlah pengalaman Honeymoon yang sederhana namun bermakna

Pergi bulan madu tentunya sangat berbeda dengan melaksanakan resepsi pernikahan. Jika kalian sudah melewati proses resepsi pernikahan yang cukup menyibukan Momspapsday, sebaiknya kalian cukup merencanakan honeymoon yang sederhana namun bermakna. Seperti memilih tempat yang mudah untuk kalian kunjungi, dan mengunjungi makanan yang dapat Momspapsday akses dengan mudah.

Hindari penggunaan Gadget

Hal terakhir yang harus kalian perhatikan adalah menghindari penggunaan gadget ya Momspapsday. Menurut Atika, penting bagi kalian untuk membuat quality time yang baik untuk pasangan ketika sedang melakukan honeymoon. Menggunakan gadget saat berlibur tentunya dapat menganggu waktu quality time kalian bersama pasangan lho! Untuk itu berfokuslah untuk menjalani kegiatan bersama kekasih ya Momspapsday!

Nah itu dia 5 tips yang dapat Momspapsday perhatikan ketika ingin pergi honeymoon. Kalian dapat mengikuti tips-tips berikut, agar pelaksanaan honeymoon kalian berhasil dan terjaga ya. Penting bagi Momspapsday memerhatikan semua faktor untuk mendukung momen penting ini. Kira-kira kalian mau Atika bagikan artikel apalagi nih Momspapsday? Berikan saran kalian melalui kolom komentar ya.

JANGAN LUPA BACA ARTIKEL INI YA MOMSPAPSDAY! LAKUKAN INI YUK, BIAR LIBURAN JADI LEBIH ASYIK!

Resep Bubur ayam oat

RESEP BUBUR AYAM OAT DENGAN KUAH KUNING!

Hello Momsday! Siapa nih diantara kalian yang sangat menyukai bubur ayam dengan bumbu kuah kuning? Bubur adalah salah satu makanan yang sangat cocok untuk sarapan pagi sebelum beraktifitas. Selain memiliki rasa yang enak dan juga gurih, bubur juga dapat kalian buat secara cepat. Pada artikel kali ini, Atika akan membagikan cara membuat resep bubur ayam oat dengan kuah kuning ya Moms!

Secara garis besar, membuat resep bubur ayam oat dengan kuah kuning cukup praktis. Selain langkah-langkah mudah yang Momsday lakukan, bahan-bahan yang Moms perlukan untuk membuat resep ini sangat mudah untuk kalian temukan. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara serta bahan-bahan dalam pembuatan resep bubur ayam oat dengan kuah kuning ya! Yuk, Simak sampai habis!

Bahan Resep Bubur Ayam

  • 200 gram Quaker Rolled Oats.
  • 1,2 liter air/kaldu.
  • 4 sendok makan tepung beras.
  • 2 lembar daun salam.
  • ½ sendok teh garam.
  • ¼ sendok teh merica.
  • 2 sendok teh kaldu ayam bubuk.

Bumbu ayam kuah kuning:

  • 350 gram dada ayam fillet.
  • 7 siung bawang merah.
  • 5 siung bawang putih.
  • 3 butir kemiri.
  • 4 cm kunyit.
  • 3-4 sendok makan minyak.
  • 2 lembar daun salam.
  • 2 batang serai, geprek.
  • 2 sendok teh garam.
  • ½ sendok makan gula pasir.
  • 1 sendok teh kaldu bubuk.
  • ¼ sendok teh merica.
  • 2 sendok makan santan.
  • 1 liter air.

Bahan pelengkap:

  • Bawang goreng.
  • Seledri.
  • Kerupuk.
  • Sambal rawit.
  • Kecap manis.

Langkah-langkah membuatnya:

  1. Pertama Moms bisa memblender bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, dan minyak sampai halus.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi menggunakan api sedang kecil, lalu masukkan daun salam dan serai. Aduk sampai merata.
  3. Sesudah itu tambahkan air, ayam, garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan merica. Masak sampai mendidih dan matang.
  4. Masukkan santan, masak beberapa saat, sisihkan ayam kemudian suwir.
  5. Untuk membuat bubur, masukkan Quaker Rolled Oats ke dalam wajan beserta tepung beras, daun salam, air, serta kaldu ayam bubuk. Aduk sampai merata.
  6. Masukkan garam dan merica, masak sampai mengental.
  7. Tuang bubur ke dalam mangkuk, berikan topping lalu siram dengan kuah kuning.
  8. Resep bubur ayam Oat dengan kuah kening siap untuk Moms sajikan!

Nah itu dia cara membuat resep bubur ayam oat dengan kuah kuning ya Moms! Sangat mudah bukan? Selain mengikuti resep tersebut, kalian juga dapat mengkreasikannya dengan topping baru sesuai dengan yang kalian inginkan seperti cakwe, kacang, sate, dan lainnya. Pastikan untuk mencoba resep ini lalu bagikan pengalaman kalian di kolom komentar ya Moms!

Bagi kalian yang ingin membaca resep unik lainnya, pastikan untuk bergabung dengan Komunitas Parentoday ya Moms. Selain dapat membaca resep, kalian juga bisa mengakses artikel edukatif lainnya seputar ilmu parenting. Dalam Komunitas ini, kalian juga bisa mendapatkan informasi seputar baju anak dan juga informasi mengenai konsultasi melalui aplikasi Parentoday.

Untuk bergabung dengan Komunitas Parentoday, kalian bisa klink link disini ya Moms.

JANGAN LUPA BACA ARTIKEL INI YA MOMS! RESEP BUBUR AYAM DENGAN RICE COOKER INI COCOK UNTUK SARAPAN!

Resep Sup Ayam Bening

GURIH DAN BERMANFAAT UNTUK TUBUH! INI RESEP SUP AYAM BENING!

Hello Momsday! Sup ayam bening memiliki rasa yang gurih dan enak, sup ini adalah salah satu makanan yang cocok untuk kalian buat makanan Si Kecil dan juga Papsday. Selain memiliki rasa yang dapat memuaskan kalian, makanan ini juga bagus untuk kesehatan tubuh lho! Dengan beraneka ragam sayur-sayuran, hal ini menjadikan sup ayam sangat bermanfaat. Pada artikel kali ini, Atika akan membagikan cara membuat resep sup ayam bening!

Makanan ini cocok untuk kalian buat saat cuaca dingin dan juga panas, karena sup ayam selalu memberikan kelezatan tersendiri. Selain itu, untuk membuat resep sup ayam bening juga tidak terlalu susah kok. Berikut adalah informasi mengenai bahan-bahan dan juga langkah-langkah yang Momsday perlukan untuk membuat sup ayam ini ya! Yuk, Simak artikel resep ini sampai habis!

Bahan Resep Sup Ayam Bening

  • 900 gram paha bawaha ayam.
  • 10 siung bawang merah.
  • 3 siung bawang putih.
  • 300 gram wortel.
  • 300 gram kentang.
  • 200 gram kol.
  • 2 batang daun bawang.
  • 6 batang seledri.
  • 2 buah tomat merah.
  • 1 buah pala.
  • 4 buah kapulaga.
  • ½ sendok teh lada putih.
  • 2-3 sendok makan masako kaldu spesial rasa ayam.
  • 2-3 liter air.
  • 2-3 sendok makan minyak.

Pelengkao:

  • Bawang goreng.
  • Jeruk limau.

Langkah-langkah membuatnya

  1. Pertama, panaskan minyak lalu masukkan bawang merah, goreng menggunakan api sedang.
  2. Pisahkan sebagian bawang goreng, masukkan bawang putih dan lada putih, aduk sampai rata.
  3. Tambahkan batang daun bawang, besarkan api kemudian masukkan ayam. Tumis sampai sedikit kecokelatan.
  4. Masukkan air, masak sampai mendidih, lalu kecilkan api.
  5. Sesudah itu tambahkan kentang dan wortel, aduk lalu tambahkan pala dan kapulaga.
  6. Tambahkan masako kaldu ayam, aduk merata kemudian masukkan tomat, daun bawang, seledri, dan kol. Masak selama kurang lebih 5 menit.
  7. Sup Ayam Bening siap untuk Moms sajikan!

Nah itu dia cara membuat resep sup ayam bening yang praktis ya Moms! Mudah bukan? Kalian juga dapat membuat resep ini untuk sarapan Si Kecil dan juga Papsday. Kira-kira kalian mau Atika bagikan resep apalagi nih Moms? Berikan saran kalian melalui kolom komentar ya. Bagi kalian yang ingin melihat resep unik lainnya, pastikan untuk bergabung dengan Komunitas Parentoday untuk mendapatkan informasi terbarunya.

BACA RESEP INI JUGA YA MOMS! BERIKUT RESEP BIHUN GORENG YANG ENAK, PRAKTIS, DAN EKONOMIS!

Strict Parent

APA ITU STRICT PARENT? APA CIRI-CIRI DAN DAMPAKNYA BAGI ANAK?

Hello Momspapsday! Mungkin sebagian besar orang tua berpikir, kalian memiliki peran penting untuk mengatur dan mengontrol kehidupan Si Kecil secara eksklusif. Hal ini menjadikan orang tua terkenal dengan sebutan pola asuh strict parent. Pada artikel kali ini Atika akan menjelaskan kepada kalian apa itu definisi pola asuh ini dan juga dampaknya bagi kehidupan Si Kecil ya!

Sebelum membahas definisi pola asuh ini, kalian harus mengetahui bahwa anak-anak juga memerlukan kebebasan untuk mengeluarkan kreatifitas dan inovatifnya. Hal ini merupakan faktor penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati dengan baik. Berikut adalah penjelasan mengenai definisi pola asuh strict parents secara garis besar ya!

Pengertian pola asuh Strict Parent

Secara garis besar pengertian dari Strict Parent adalah orang tua yang memiliki pola asuh ketat untuk Si Kecil. Mulai dari mendidiknya sampai kepada aturan-aturan yang menjadikan ruang gerak Si Kecil terbatas. Pada umumnya, orangtua yang memiliki pola asuh ini memiliki ekspektasi yang tinggi kepada Si Kecil. Hal ini menjadikan Si Kecil hidup dibawah baying-bayang orang tua.

Meskipun Momspapsday mempunyai tujuan baik untuk kehidupan Si Kecil, kalian harus tetap pandai memilih pola asuh yang baik dan tepat untuk mereka. Pastikan kalian tidak memilih pola asuh yang akan memberatkan kehidupan sang buah hati ya. Karena kepribadian anak akan dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya faktor pola asuh. Untuk itu, sebisa mungkin hindari parenting yang dapat membatasi kebebasan Si Kecil ya.

Ciri-ciri orang tua strict parent

Orangtua yang memilih untuk menggunakan pola asuh ini, biasanya akan memiliki ciri-ciri yang sama. Berikut adalah beberapa ciri-ciri orang tua yang memiliki pola asuh strict parent:

  • Orangtua cenderung mengharuskan anak mematuhi semua aturan yang telah mereka tetapkan.
  • Orangtua suka memarahi dan juga tidak memberikan toleransi jika anak melakukan sebuah kesalahan atau mengalami kegagalan.
  • Sering memberikan hukuman yang keras kepada Si Kecil.
  • Mendikte dan mengontrol Si Kecil untuk melakukan sesuatu.
  • Tidak membiarkan Si Kecil hidup dengan keinginan diri sendirinya.
  • Tidak ada komunikasi 2 arah secara terbuka dengan anak.

Dampaknya bagi kehidupan anak

Walaupun sebenarnya pola asuh ini memiliki tujuan yang baik, namun hal ini juga dapat berakibat buruk bagi kehidupann Si Kecil. Penerapan pola asuh otoriter ini memiliki dampak bagi kehidupan Si Kecil, berikut adalah beberapa dampak yang timbul dari pola asuh strict parent.

  • Anak tidak dapat membuat keputusan sendiri

Anak yang terlahir dari pola asuh ini memiliki kelemahan dalam menentukan suatu keputusan. Alasannya, sang buah hati lebih sering menyerahkan keputusannya terhadap pilihan orangtua sehingga mereka tidak mempunyai problem solving yang baik. Karena itu, penting bagi Momspapsday untuk mengajak Si Kecil berdiskusi mengenai suatu masalah untuk mencari tahu solusi terbaik untuk masalah tersebut.

  • Anak menjadi pribadi yang pemarah dan emosi

Tidak hanya mempengaruhi pemikirannya, pola asuh ini juga dapat mempengaruhi kepribadiannya lho! Secara garis besar, anak seringkali menerapkan semua hal yang telah orangtuanya ajarkan kepada mereka seperti sifat otoriter dan juga mudah sekali marah. Karena itu penting bagi Momspapsday untuk menghindari pola asuh yang dapat membuat Si Kecil memiliki kepribadian yang keras ya.

  • Prestasi akademis yang menurun

Dampak yang timbul karena pola asuh ini juga bisa mempengaruhi prestasi akademis Si Kecil. Hal ini terjadi karena anak-anak lebih ditekankan belajar karena kemauan orangtua bukan dirinya sendiri. Akibatnya, Si Kecil tidak memiliki kemauan untuk memahami materi yang sedang mereka pelajari saat itu. Karena itu, penting bagi Momspapsday untuk menerapkan sistem pembelajaran bagi Si Kecil.

Nah itu dia informasi mengenai apa itu strict parents dan juga dampaknya bagi kehidupan Si Kecil. Ketika kalian menginginkan Si Kecil memiliki kehidupan yang sukses, kalian harus mulai belajar memberikan mereka ruang untuk berpikir. Hal ini sangat berguna untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Maka dari itu penting bagi kalian menentukan pola asuh yang tepat untuk Si Kecil.

Kira-kira kalian mau Atika bagikan artikel tentang apalagi nih Moms? Berikan saran kalian melalui kolom komentar ya! Bagi kalian yang ingin mendapatkan informasi mengenai artikel edukatif dan resep terbaru dari Atika, pastikan untuk bergabung dengan Komunitas Parentoday ya. Untuk bergabung, kalian dapat klik link disini ya Momspapsday. Atika tunggu kehadiran kalian di Komunitas Parentoday ya!

JANGAN LUPA BACA ARTIKEL INI YA! CARA MENGAJARKAN ANAK SIKAP TOLERANSI SEJAK DINI!

Resep Puding Lapis

BERIKUT RESEP PUDING LAPIS SURABAYA YANG LEGIT DAN ENAK!

Hello Momsday! Puding lapis adalah salah satu jenis dessert yang banyak orang sukai. Salah satu jenis pudding yang terkenal adalah puding lapis dari suarabaya. Tekstur puding ini sangatlah halus dan enak. Pada artikel kali ini, Atika akan membagikan informasi cara membuat resep puding lapis Surabaya yang legit dan enak ya!

Dengan perpaduan topping cokelat menjadikan dessert ini memiliki rasa manis yang  menggiurkan lho! Untuk membuat resep ini tidak terlalu susah kok, berikut adalah informasi mengenai bahan-bahan dan langkah-langkah yang Moms butuhkan  untuk membuat resep puding lapis khas Surabaya ya! Yuk, simak artikel resep ini sampai habis!

Bahan Resep Puding Lapis khas Surabaya

  • 2 butir telur.
  • 60 gr gula pasir.
  • ½ sendok teh SP. (Opsional)
  • 60 gram tepung terigu protein sedang.
  • 10 gram Krim Kafe Kapal Api / susu bubuk.
  • 1 sendok makan susu.
  • 35 gram margarin cair.
  • ½ sendok teh ekstrak vanilla.
  • ⅛ sendok teh garam.

Lapisan cokelat:

  • ½ bungkus (3,5 gr) jeli bubuk polos.
  • ½ bungkus (7,5 gr) agar-agar bubuk polos.
  • 700 ml susu cokelat.
  • 100 gr dark chocolate, cincang.
  • 60 gr Krim Kafe Kapal Api / susu bubuk.
  • ⅛ sendok teh garam.

Lapisan kuning:

  • ½ bungkus (3,5 gr) jeli bubuk polos.
  • ½ bungkus (7,5 gr) agar-agar bubuk polos.
  • 2 butir telur.
  • 80 gram margarin cair.
  • 650 ml susu.
  • 120 gram gula pasir.
  • 60 gram Krim Kafe Kapal Api /susu bubuk.
  • 1 sendok teh ekstrak vanilla.
  • ⅛ sendok teh garam.
  • 2 gram agar-agar bubuk polos.
  • 250 ml air.

Langkah-langkah membuatnya:

  1. Pertama, Momsday bisa mengocok telur, gula, dan SP menggunakan mixer sampai pucat dan mengembang.
  2. Sesudah itu masukkan tepung terigu, krim kafe kapal api, dan garam sambil kalian saring, aduk perlahan lalu tambahkan margarin, susu, dan ekstrak vanilla. Aduk secara perlahan.
  3. Tuang ke dalam Loyang kemudian panggang menggunakan suhu 165°C selama 15-20 menit.
  4. Setelah dingin, keluarkan cake dari Loyang. Kemudian sisihkan.
  5. Panaskan susu, jeli bubuk, agar-agar bubuk, ekstrak vanilla, dan garam sampai sedikit mendidih kemudian pada wadah terpisah campurkan telur, margarin, dan gula, aduk rata.
  6. Matikan api, tuangkan campuran telur secara perlahan sambil Moms aduk lalu tambahkan krim kafe kapal api. Masak sampai bentuknya mengental.
  7. Tuang ke dalam Loyang, diamkan selama 8-10 menit.
  8. Panaskan susu cokelat, agar bubuk, jeli bubuk, garam, dan Krim Kafe Kapal Api, masak hingga sedikit mendidih lalu masukkan dark cokelat, aduk rata
  9. Tusuk-tusuk puding kuning lalu tuang lapisan cokelat ke dalam loyang sebagai lapisan kedua, diamkan selama 7-8 menit
  10. Masak air dan agar-agar bubuk hingga mendidih lalu tuang di atas lapisan cokelat
  11. Masukkan cake ke dalam loyang lalu tutup dengan cling wrap, masukkan ke dalam kulkas selama 1-2 jam
  12. Keluarkan puding dari loyang lalu potong-potong
  13. Puding lapis surabaya siap Moms sajikan.

Nah itu di acara membuat resep pudding lapis Surabaya ya Moms! Mudah bukan? Kalian tidak perlu repot-repot pergi ke Surabaya untuk membeli pudding lapis khas ini. Cukup dengan beberapa bahan yang sederhana beserta langkah-langkah yang mudah, kalian dapat membuat pudding lapis Surabaya versi kalian sendiri. Kira-kira kalian mau Atika bagikan resep apalagi nih Moms? Berikan saran kalian melalui kolom komentar ya!

JANGAN LUPA BACA RESEP INI YA MOMS! CARA MEMBUAT RESEP CHIFFON DONAT FREE GULTEN!

MENDUKUNG KESUKSESAN ANAK

TAK HANYA PENDIDIKAN, INI 5 CARA MENDUKUNG KESUKSESAN ANAK

Hello Momsday! Sebagai orang tua, tentunya kita selalu ingin memberikan yang terbaik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Banyak cara yang dapat Momsday lakukan untuk membuat sang buah hati bisa mengeluarkan kemampuan dan potensinya secara maksimal. Pada artikel kali ini Atika akan membagikan informasi berupa 7 cara mendukung kesuksesan anak ya Moms!

Pendidikan memang menjadi faktor penting untuk mendukung kesuksesan sang buah hati. Akan tetapi, orang tua juga wajib berperan menjadi support system untuk Si Kecil. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan Si Kecil di masa depan nanti adalah peran orang tua. Hal ini bisa kalian berikan melalui pola asuh, edukasi, dan lainnya. Berikut adalah 7 cara yang dapat Momspapsday lakukan untuk mendukung Si Kecil.

Memahami dan mendukung potensi anak

Seringkali kita mendengarkan perdebatan antara orang tua dengan anaknya mengenai mimpi sang buah hati. Banyak orang tua yang mempunyai pemikiran bahwa cita-cita dan keinginan Si Kecil tidak akan membuahkan hasil yang baik bagi masa depannya. Padahal, hal ini justru dapat menghambat potensi sang buah hati untuk terus mengembangkan dan mengasah kemampuannya.

Penting bagi Momspapsday untuk memahami serta mendukung keinginan Si Kecil ingin menjadi seperti apa nantinya. Karena pada dasarnya, kesuksesan dapat anak raih jika mereka terus mengasah minat dan bakat yang sesuai dengan keinginan Si Kecil. Karena itu penting sekali bagi Momspapsday untuk tidak terlalu mengintervensi mimpi serta cita-cita yang Si Kecil inginkan ya!

Menanamkan rasa percaya diri pada anak

Salah satu cara yang efektif untuk mendukung kesuksesan anak adalah dengan menanamkan rasa percaya diri padanya sejak sedini mungkin. Rasa percaya diri merupakan kemampuan dasar yang harus Si Kecil miliki. Dengan percaya diri, sang buah hati akan lebih mudah untuk mengeksplore dan mempelajari hal baru. Selain itu rasa percaya diri adalah suatu kemampuan yang akan membuat dirinya bisa menjadi sosok pemimpin suatu saat nanti.

Mengajarkan anak cara bersosialisasi dengan baik

Selain memiliki rasa percaya diri, kemampuan untuk bersosialisasi sama pentingnya untuk mendukung Si Kecil menjadi pribadi yang sukses di masa depan. Pasalnya, kemampuan besosialisasi tidak akan terlepas dimanapun Si Kecil berada. Karena pada dasarnya manusia adalah mahluk social yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lain. Keahlian ini dapat melatih Si Kecil untuk mempunyai  kemampuan bekerja sama dengan orang lain.

Menjadi contoh yang baik bagi Si Kecil

Secara garis besar, anak-anak sangat suka meniru perilaku dan juga tingkah orang di lingkungan sekitarnya. Karena itu, penting bagi Momspapsday untuk menjadi sosok yang dapat Si Kecil contoh dengan baik. Ketika kalian melakukan sesuatu yang positif, ajaklah sang buah hati untuk berkontribusi bersama-sama dengan kalian. Seperti misalnya, mengajak Si Kecil bersedekah, ibadah bersama, dan juga melakukan aktifitas positif lainnya bersama-sama.

Latih rasa mandiri Si Kecil

Hal terakhir yang wajib Momspapsday ajarkan kepada Si Kecil adalah rasa kemandirian ya. Ini merupakan hal yang penting untuk mendukung sang buah hati menjadi pribadi yang dapat bertanggung jawab, kedisiplinan, mengembangkan kualitas Si Kecil, dan juga mempunyai kemampuan inisiatif yang baik. Hal ini sangat berguna untuk menjadikan Si Kecil pribadi yang kreatif dan inovatif.

Nah itu dia 5 cara mendukung kesuksesan anak ya Momspapsday! Pastikan kalian menerapkan 5 hal ini untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil menjadi pribadi yang sukses ya. Kira-kira kalian mau Atika bagikan artikel tentang apalagi nih Momspapsday? Berikan saran kalian melalui kolom komentar ya Momspapsday! Bagi kalian yang belum bergabung dengan Komunitas Parentoday pastikan untuk bergabung untuk mengakses informasi artikel terbaru ya.

JANGAN LUPA BACA INI YA! 7 CARA MENGATASI RASA GROGI PADA ANAK

Resep Bihun Goreng

BERIKUT RESEP BIHUN GORENG YANG ENAK, PRAKTIS, DAN EKONOMIS!

Hello Momsday! Bihun Goreng adalah salah satu makanan yang cukup popular. Dengan tekstur yang lembut dan kenyal dan rasa yang enak menjadikan bihun ini menjadi makanan yang cocok untuk kalian hidangkan dengan menu apapun. Pada artikel kali ini Atika akan membagikan kalian cara membuat resep bihun goreng spesial dengan cara yang mudah dan menggunakan bahan-bahan terjangkau.

Bihun terbuat dari bahan tepung beras, hal ini menjadikan bihun dapat menjadi karbohidrat bagi tubuh menggantikan nasi. Bahan-bahan yang Momsday perlukan untuk membuat bihun goreng ini sangat relatif terjangkau murah lho. Selain itu, untuk membuat resep ini juga sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Momsday dapat membuang hidangan ini untuk sarapan Si Kecil dan juga Papsday.

Berikut adalah penjelasan mengenai langkah-langkah pembuatan resep bihun goreng yang praktis dan ekonomis ya Moms!

Bahan Resep Bihun Goreng (untuk 4-5 porsi)

  • 250 gram bihun kering.
  • 3 lembar kol.
  • 2 buah cabai merah.
  • 3 batang seledri.
  • 1 batang daun bawang.
  • 6 pcs bakso.
  • 3 butir telur.
  • 2 sendok makan telur tumis.
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis bumbu halus.
  • ½ sendok teh garam.
  • 2 sendok teh gula pasir,
  • ½ sendok teh lada putih.
  • 1 sendok teh kaldu jamur/penyedap.
  • 1 sendok makan kecap ikan.

Bumbu halus

  • 5 siung bawang putih.
  • 7 siung bawang merah.
  • 4 butir kemiri.
  • ½ sendok makan ebi.
  • ½ sendok teh garam

Bahan untuk sambal

  •  35 gram cabai rawit hijau.
  • 2 siung bawang putih.
  • 1 buah jeruk nipis.
  • 50 ml air putih.
  • ½ sendok teh garam.
  • 2 sendok teh gula pasir.

Langkah-langkah membuatnya:

  1. Pertama, rendam bihun dengan air dingin kemudian rendam ebi dengan air panas, diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  2. Iris kol, cabai merah, daun bawang, seleri, dan bakso.
  3. Setelah itu, siapkan ulekan, masukkan bawang putih, bawang merah, kemiri, ebi, dan garam. Ulek sampai halus.
  4. Rebus cabai rawit dan bawang putih sampai matang kemudian masukkan ke dalam blender. Tambahkan air dingin, blender sampai halus.
  5. Pindahkan ke dalam mangkuk kemudian tambahkan perasaan jeruk nipis, garam, serta gula pasir. Aduk sampai merata.
  6. Panaskan minyak, orak arik telur sampai matang, kemudian sisihkan.
  7. Panaskan kembali minyak, lalu tumis bumbu halus menggunakan api sedang kecil sampai wangi dan matang.
  8. Besarkan api, tuang bakso, tumis sesaat kemudian masukkan kol, cabai merah, daun bawang, seledri, kecap ikan, bihun, lada putih, serta kaldu jamur. Aduk sampai merata.
  9. Bihun Goreng siap untuk Momsday sajikan!

Nah itu dia cara membuat resep bihun goreng spesial ya Moms! Mudah bukan? Resep ini cocok untuk Moms buat di saat akhir bulan. Mengingat bahan-bahan yang Moms perlukan untuk membuat resep ini sangat terjangkau harganya. Masakan ini juga cocok kalian hidangkan sebagai sarapan karena tidak membutuhkan waktu lama. Kira-kira kalian mau Atika bagikan resep apalagi nih Moms? Berikan saran kalian melalui kolom komentar ya!

Bagi kalian yang ingin membaca resep unik lainnya, pastikan kalian bergabung dengan Komunitas Parentoday ya Moms. Selain dapat membaca resep, kalian juga bisa mengakses artikel edukatif lainnya seputar ilmu parenting dan juga informasi mengenai baju anak dari Parentoday. Bagi kalian yang ingin bergabung dengan komunitas, silahkan klik link ini ya Moms.

JANGAN LUPA BACA INI YA MOMS! CARA MEMBUAT BIHUN AYAM KUAH LAKSA DENGAN MUDAH!